Cahaya Surga di Negeri Bawah tanah Jogja Gua Luweng Grubug, Gunung kidul

Masih hobi traveling? Ini rekomendasi tempat travelling yang bikin kamu penasaran dan ingin mendatanginya. Cahaya surga diperut bumi pasti kalian penasaran kan? langsung saja nih datang ke Gua Jomblang yang berlokasi di rentangan perbukitan kasrt pesisir selatan (Karst Semanu, Jetis Wetan, Gunung Kidul) yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah hingga pegununngan sewu, Pacitan , Jawa Timur, Gua Jomblang, untuk mecapai ke Luweng Grubug kalian bisa menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer dari Yogyakarta. Biaya untuk tiket masuk ke Gua Grubug Luweng ini gratis lohh.

Sejarah Gua Grubug Luweng dulunya gua itu merupakan tempat terjadinya pembantaian anggota PKI pada tahun 1870-1980.an. Mereka membunuh manusia-manusia dengan cara menembak kemudian mayat jatuh kedalam gua dan hayut ke laut. Suara gemuruh yang keluar dari mulut gua ini merupakan suara air di dalam gua dan jika kalian masuk kedalam gua maka suara gemuruh itu pun semakin kuat. Keindahan Gurubug Luweng memang belum bisa dilihat dari atas saja, melainkan kalian harus masuk kedalam gua tersebut. Jika kalian sudah didalam gua maka kalian akan ternganga melihat keindahan sorotan cahaya yang masuk ke gua seperti melihat cahaya surga didalam perut bumi. Namun kalian wajib hati-hati setelah masuk gua karena lumayan licin juga, dan jika kalian masuk ke dalam gua pun wajib memakai peralatan yang sesuai standar caving gua vertikal serta dibutuhkan pendamping penelusur gua yang sudah berpengalaman. Untuk masuk pun kalian harus memperhatikan jumlah anggota kalian. Jumlah maksimal yang diizinkan masuk ke Gua Grubug Luweng ini adalah 25 orang karena agar tetap menjaga stabilitas ekosistem dan kondisi gua.

Di dalam Gua Grubug ada icon batu besar yang tersusun dari mineral kalsit berwarna putih susu. Dan ternyata disekitar batu tersebut dibawahnya adalah sungai yang ternyata masih satu sistem dengan kali suci dan bermuara di laut selatan. Icon kedua dari dalam Gua Grubug Luweng yaitu batu cinta yang berupa ukiran mineral kalsit yang berbentuk hati.

Kalian pasti sangat rugi sekali jika belum pernah datang kesini karena gua ini pernah dijadikan lokasi syuting amazing race USA lohh teman traveling pada tahun 2011. Waktu yang pas untuk menikmati grubug luweng ini sekitar pukul 10.0-12.00 karena pada waktu itu cahaya matahri tepat berada di atas kepala sehingga akan terbentuk cahaya yang masuk ke dalam gua. 

temon

temon

life is like a bag of chocolate