Mengintip Indahnya Jogja dari Candi Barong

candi-barong-di-komplek-ratu-boko-jogja

Candi barong yang terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko tepatnya di atas bukit di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong. Hiasan Kala yang mirip barong ini membuat candi ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Candi barong adalah candi yang bercorak hindu dan diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Medang periode Mataram.Disinilah dulu menjadi tempat petani memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang tak lain adalah dewi kesuburan. Dulunya candi ini bernama candi Suragedug, namun seiring berjalanya waktu berganti dengan nama Candi Barong karena hiasan Kala tersebut. Barong di candi ini dalam mitologi Hindu dipercaya sebagai makhluk penjaga kesucian bangunan. Kala di candi Barong tidak menyeramkan seperti kala pada bangunan lainnya, barong-barong ini malah terkesan memberikan senyumannya.

Di perbukitan Batur Agung di ketinggian 199 m di atas permukaan laut Candi Barong mempunyai dua buah ratna (puncak candi agama Hindu) yang dari kejauhan pasti terlihat. Masing-masing mempunyai ukuran kira-kira 8,18 m × 8,18 m dengan tinggi 9,05 m. Sayangnya saat ditemukan candi ini telah runtuh, barulah pada tahun 1987 disusun kembali dua candi utama dan pemugaran selesai dilakukan pada tahun 1992 serta dilanjutkan dengan pemugaran talud dan pagar.

Candi ini dibangun menghadap ke barat menghadap tenggelamnya sang mentari mengakhiri hari. Semakin sore pemandangan di sekitar candi semakin eksotis menambah indahnya panorama saat mengelilingi candi Barong. Tak butuh waktu yang lama untuk mengexplorasi seluruh bangunan candi barong, namun menikmati ketenganan sore bersama sunset di candi barong membuat hati tak ingin pulang sampai matahari benar-benar hilang dalam pandangan.

 

Transportasi menuju Candi Barong
Setidaknya ada 2 jalan transportasi menuju ke Candi Barong dan dua-duanya menawarkan pengalaman offroad yang mengasyikkan dan unik. Mencoba Jalan pertama melalui sebelah utara yang ditempuh lebih jauh tetapi keuntunganya adalah memungkinkan kendaraan kamu sampai ke bagian belakang candi.

Dari Kota Jogja silahkan terus mengikuti Jalan Solo sampai tiba di daerah Candi Prambanan. Tepat di kanan tugu perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah. (arah selatan) ada sebuah jalan. Jalan tersebut akan membawa Anda menyeberangi rel kereta, melewati SMPN 2 Pereng, dan menanjak bukit. Di bukit tersebut ada beberapa papan petunjuk yang memberi arah ke Candi Barong. Jika takut tersasar, tanya saja warga sekitar.

tips: Jika anda berjiwa petualang, cobalah mengambil rute ini dengan sepeda roda dua. Sensasi offroad dengan jalan berbatu akan lebih terasa. Atau jika anda cukup edan, anda bisa mengendarai sepeda onthel seperti para penduduk sekitar candi. Tapi awas kena wasir.

Jalur kedua, lebih pendek dari jalur pertama tetapi kita harus mendaki dan berjalan kaki untuk mencapai Candi Barong. Rute ini akan membawa pengunjung masuk lewat bagian depan pelataran candi. Dari pertigaan Prambanan, ambil jalur ke selatan, ke arah situs Petilasan Ratu Boko. Kemudian akan ada papan petunjuk ke arah Candi Banyunibo. Jika ke Candi Banyunibo belok ke kanan (selatan), untuk ke Candi Barong kita mengambil jalan lurus kemudian belok ke kiri. Letak Candi Barong ada di sebelah timur Candi Banyunibo tapi berada di atas bukit.

Jangan terkejut jika anda mengikuti papan petunjuk ke arah Candi Barong tetapi malah nyasar ke halaman rumah penduduk. Menurut pemilik rumah, memang sering orang kesasar ke rumahnya ketika hendak menuju ke Candi Barong lantaran papan penunjuk tersebut lama tak diganti. Lagipula, memang tak ada lahan untuk parkir kendaraan. Biasanya kendaraan pengunjung Candi Barong diparkir di halaman pemilik rumah tersebut.

Perjalanan ke Candi Barong dilanjutkan dengan berjalan kaki, menyusuri jalan setapak nan licin.
Pengunjung dibawa mendaki anak tangga batu menuju candi. Pemandangan eksotis hamparan sawah, rumput, dan ilalang menghijau di sekitar candi yang menyejukkan menjadi obat pengusir penat jikalau capek mendaki dan berjalan.

Tips: jika Anda mengambil rute ini, lebih baik membawa kendaraan roda dua karena tidak ada lahan parkir untuk kendaraan roda empat.

 

Peta lokasi GOOGLE MAP Candi Barong

temon

temon

life is like a bag of chocolate