Kronologi Dibalik Jatuhnya Mahasiswa ke Kawah Merapi

mahasiswa-kawah-gunung-merapi-jogja

Pendaki yang jatuh ke dalam kawah Merapi, Sabtu (16/05/2015) siang, hingga berita ini diturunkan, Minggu (17/05/2015) masih dalam upaya evakuasi.

Kapolsek Selo AKP Yadiyo saat dikonfirmasi menerangkan kronologis peristiwa jatuhnya pendaki yang diketahui bernama Eri Yunanto (21) warga Kampung Mbiru, Jalan Kabupaten, Sleman, yang saat ini masih tercatat sebagai salah satu mahasiswa teknik Industri di UAJY Yogyakarta tersebut.

Ery bersama lima orang temannya berangkat dari Yogyakarta pada Jumat (15/05/2015). Pukul 22.30 WIB, mereka mulai mendaki dari Pos Selo. Sesampainya di pos II rombongan terpecah, tiga orang memilih nge-camp di pos tersebut, sedang tiga lainnya termasuk korban melanjutkan pendakian.“Sabtu sekitar pukul 03.30 WIB, ketiganya sampai di kawasan pasar bubrah dan mendirikan tenda dan beristirahat,” terang Yadiyo.

Sabtu pukul 08.30 WIB, dua orang, yakni Ery dan temannya seorang temannya melanjutkan perjalanan ke puncak Merapi, sementara satu orang lainnya menunggui tenda. Sesampainya di kawasan puncak Merapi sekitar pukul 11.00 WIB, korban menaiki puncak garuda yang tepat berada di bibir kawah Merapi untuk berpose foto. Naas, saat korban turun dari puncak garuda, ia terpeleset ke arah selatan ke arah kawah Merapi.

Mengetahui kejadian tersebut, teman Ery langsung turun sambil meminta pendaki lain untuk melaporkan kejadian tersebut ke pos pendakian. Sekitar pukul 13.30 WIB, teman korban sampai di pos dua bergabung dengan rombonganya dan baru menghubungi pos pendakian pada sore hari setelah mendapat sinyal telepon seluler.

“Posisi jatuhnya korban mengarah arah selatan yakni ke arah bibir kawah, sehingga ia langsung jatuh ke dalam kawah,”, tegas Kapolsek.

via krjogja

foto: fanspage jogjaku

temon

temon

life is like a bag of chocolate