Nikmatnya Serabi Bakar Jalan Bantul

Dua serabi bakar bercampur kuah manis. Warna coklat kehitaman dari pembakaran memberi rasa khas tersendiri

Suatu kali ketika bulan puasa, kakak saya membawa hidangan enak ini menjelang buka puasa. Serabi bakar dengan kuah gula jawa bercampur santan. Serabi bakar yang gurih bercampur dengan kuah manis. Saya langsung ketagihan merasakannya.

Banyak serabi yang dijual pedagang jajanan di bulan puasa, tapi kebanyakan kurang sedap, seperti asal jadi saja. Serabi bakar yang ini lebih “niat” bikinnya. Dibuat dengan dibakar menggunakan tungku dan kayu, memberi rasa dan aroma bakar yang asli. Penjual serabi bakar ini ada di sekitar Jalan Bantul, kurang lebih 500 meter ke arah selatan dari Pasar Niten, letaknya di sisi kanan atau barat jalan.

Serabi Bakar Jalan Bantul

Sejauh pengamatan saya penjual serabi bakar ini hanya ada satu di sekitar Jalan Bantul. Harga serabi bakar di warung yang buka dari pukul 15.30 hingga sekitar 21.30 ini cukup murah. Untuk seporsi serabi bakar yang dibungkus plastik untuk dibawa pulang, harganya Rp 1.000,- /bungkus, isinya dua serabi bakar dan kuah manisnya. Anda juga bisa duduk lesehan sambil menikmati serabi bakar dalam mangkok bergambar ayam sambil memperhatikan pembuatan serabinya. Banyaknya serabi yang dimakan di tempat bisa anda minta sendiri, tentunya harga menyesuaikan.
Selamat menikmati 🙂