Museum Benteng Vredeburg

benteng vredeburg

Berwisata keJOGJA, rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ketempat bersejarah yang satu ini.  “MUSEUM BENTENG VREDEBURG” adalah sebuah benteng yang dibangun tahun 1765 oleh VOC di Yogyakarta selama masa kolonial VOC. Lokasinya pun strategis dan mudah untuk didapatkan. Letaknya di depan Gedung Agung (satu dari tujuh istana kepresidenan di Indonesia) dan Istana Sultan Yogyakarta Hadiningrat yang dinamakan Kraton, yah masih dijalam Malioboro.

Benteng ini dibangun oleh VOC sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan gubernur Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang masih bisa terlihat sampai sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya. Di masa lalu, tentara VOC dan juga Belanda sering berpatroli mengelilingi dindingnya. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

benteng vredeburg
benteng vredeburg

Awal didirikannya benteng ini sebenarnya merupakan strategi dari Belanda yang berdalih demi menjaga keamanan Kraton Yogyakarta, meskipun maksud sebenarnya tidak lain adalah sebagai tempat untuk memantau pergerakan Kraton Yogyakarta itu sendiri. Dari dalam benteng, Belanda dengan mudah dapat mengarahkan sejumlah meriamnya tepat mengenai Kraton Yogyakarta jika suatu saat terjadi pemberontakan dari Kraton, karena jarak antara Benteng dengan Kraton Yogyakarta sangat dekat.

Jam buka museum:

Selasa – Kamis	:	08.30	–	13.30
Jumat           :	08.30	–	11.00
Sabtu – Minggu	:	08.30	–	12.00

Harga tiket masuk : Dewasa Rp. 2000