Gua Pindul

Cave tubing di gua pindul

Warga Gunung Kidul wajib bersyukur karena dibalik pemandangan bebatuan kars terdapat gua-gua cantik dan aliran panjang kali Oya. Aliran Kali oya melewati pegunungan kars dan celah-celah dibawah batu, dan akhirnya ikut berperan aktif selama jutaan tahun membentuk gua beserta perabotnya. Salah satu Goa cantik yang dilewati aliran kali oya ini adalah Gua Pindul, berada di 12 Kilometer Utara kota Wonosari. Letak administratif gua ini di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan kalimonggo Gunung Kidul.

Gua Pindul menawarkan sensasi petualangan sendiri, tidak seperti gua-gua lainnya yang bisa dijelajahi tanpa peralatan. Untuk bisa menjelajahi gua ini pengunjung wajib didampingi pemandu, memakai jaket pelampung dan ban karena gua ini merupakan gua yang dialiri sungai bawah tanah. Kedalaman sungai di gua pindul mencapai tiga hingga 10 meter.

Di mulut gua pengunjung akan disambut stalagtit tirai dan jenis stalagtit lainnya. Di sepertiga pejalanan pemandu akan menjelaskan legenda dan cerita masalalu yang ada dalam gua ini. Ya gua ini sudah ada dan digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh simbah-canggah kita, sudah ada semenjak jaman dinasti kerajaan dan digunakan untuk bertapa ngalap wangsit atau keperluan lainnya. Legenda lain yang hidup di gua ini adalah batu pejantan dan ceruk mini yang meneteskan air, konon lelaki yang menyentuh stalagmit pejantan bakal “jantan” dan bagi perempuan yang mendapat tetesan air dalam ceruk akan awet muda :).

Ditengah gua yang gelap gulita dan secercah 3 lampu senter, ada stalagtit terbesar keempat di dunia dan masih aktif hingga kini. ada pula stalagtit gong yang bila dipukul menghasilkan suara mirip gong dan  membahana terpantul dinding-dinding gua. Di bagian langit-langit gua banyak ceruk-ceruk yang dibuat oleh kelelawar. Dan di akhir perjalanan ada atap lubang cahaya yang menambah kecantikan gua ini. Di tempat ini merupakan titik poin pertama terjun bebas para penyusur gua, naik ke dinding batu dan menceburkan diri dari ketinggian tiga meter. Gua vertikal ini dikelola oleh pemuda karang taruna setempat, setiap pengunjung yang datang ke gua pindul dikenakan biaya sekitar 25.000-30.000 sesuai dengan fasilitas yang diinginkan ternasuk wedang jahe dan makanan desa lainnya.

Cave tubing di gua pindul
Menuju Gua Pindul
Beranda Gua Pindul JOGJA
Beranda Gua Pindul
Area terjun bebas gua pindul
Area terjun bebas
NonaPelantjong

NonaPelantjong

Entrepreneur sosial I Pewarta warga I Tukang jalan-jalan I Terobsesi membuat travel documentary Indonesia I www.nonapelantjong.blogspot.com