Festival Layang-layang Nasional 2011 di Pantai Glagah

Festival layang-layang nasional 2011

Sebuah event yang unik dan menarik kali ini dilaksanakan di Pantai Glagah (Temon-Kulonprogo) yaitu Festival Layang-layang Nasional 2011. Ternyata Festival Layang-layang ini sudah menjadi event tahunan di Jogja yang diadakan Dinas Pariwisata Provinsi DIY. Yah, Walaupun memang pejalanan kami ke Pantai Glagah cukup jauh, demi melihat keindahan Layang-layang yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia gak pa pa lah untuk JogjaLovers :D.

 

Festival Layang-layang Nasional 2011 ini berlangsung dua hari yaitu tanggal 31  Juli dan 1 Agustus kemaren dari pagi jam 09:00 sampai sore. Namun kami hanya mengikuti pada hari yang kedua. Dalam Festival ini ada dua kategori Lomba diantaranya adalah katagori 2 Dimensi untuk tingkat nasional dan lokal, katagori 3 dimensi untuk tingkat nasional dan lokal, katagori tradisional untuk tingkat nasional, katagori Train untuk tingkat nasional dan kategori rokuku Challenge untuk tingkat nasional.

Sebenarnya event ini Gratis namun kami harus membayar tiket masuk kepantai Glagah saja, sekitar Rp. 5.000,- per motor sepertinya dan untuk mobil pasti diatas itu harganya. Kegiatan menerbangkan Layang-layang dilakukan di lapangan Pantai Glagah dan tidak dipinggir pantainya. Kendala paling biasanya adalah pada angin, jika sang angin mampu berhembus lebih kencang pasti menerbangkan Layang-layang sangat mudah tentunya.

Menurut teman kami yang dua hari berturut-turut menyempatkan diri meliput acara ini (icangz), pada hari pertama banyak Layang-layang yang terbang karena memang angin sangat bersahabat. Namun pada hari kedua saat kami mengikuti Festival Layang-layang ini angin kurang begitu bersahabat dan hasilnya bisa JogjaLovers lihat pada video dibawah ini.

Banyak sekali bentuk Layang-layang yang kami jumpai pada Festival Layang-layang di Kulonprogo kali ini, mulai yang berbentuk naga yang sangat panjang, gatutkaca, ikan berjejer-jejer, gerobak bakso dan masih banyak lagi. Layang-layang favorite saya adalah Layang-layang yang diberi nama oleh pemiliknya dengan sebutan “Naga Pencabut Nyawa”. Layang-layang naga yang satu ini mempunya badan dan sayap layaknya kalong dan ekor yang menguntai seperti ekor naga.

Festival layang-layang nasional 2011

Layang layang Naga kulonprogo jogja 2011

temon

temon

life is like a bag of chocolate